Dalam pembelajaran bahasa Arab memuat 4 keterampilan dasar, yaitu: keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.
keempat keterampilan tersebut harus secara simultan diajarkan kepada peserta didik agar kelak mereka mendapatkan asupan pembelajaran bahasa yang komplit dan tidak setengah-setengah.
lantas bagaimana kita memahami unsur-unsur keterampilan berbahasa tersebut,? simak ulasannya pada tulisan di bawah ini
Keterampilan Menyimak
dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Pengertian Keterampilan Menyimak
Dalam Pembelajaran Bahasa
Arab ada 3 istilah untuk mendengarkan yaitu: mendengar (as-sima’), menyimak (al
istima’) dan mendengarmemahami (al inshaat).
Menyimak dalam pembelajaran bahasa arab merupakan suatu
keterampilan dalam menangkap suara-suara bahasa Arab atau simbol-simbol bahasa
arab untuk kemudian memahaminya sesuai pemahaman sang pendengar
Ada 4 Unsur dalam keterampilan mendengar:
- Memahami secara umum makna yang terkandung
- Menafsiri pembicaraan dan beribteraksi
- Mengevaluasi dan mengkritik pembicaraan
- Menggabungkan isi yang diterima dengan pengalaman individu yang telah dimiliki.
Tujuan Pembelajaran Keterampilan Menyimak
Diantara Tujuan-tujuan pembealajaran menyimak dalam pemebelajaran bahasa Arab adalah:
- Mampu menyimak, perhatian, dan fokus pada materi yang didengar
- Mampu mengikuti dan menguasai apa yang didengar
- Mampu memahami apa yang di dengar
- Menanamkan kebiasaan mendengar sesuai dengan nilai sosial dan pendidikan yang sangat penting
- Mengetahui makna kosa-kata
Prinsip Pembelajaran Keterampilan Menyimak
Perlu beberapa prinsip dalam pembelajaran bahasa arab yang harus dilakukan para pembelajar bahasa Arab agar mutqin, yaitu:
- Mengenal bunti-bunyi bahasa Arab sesuai makhrajnya
- Membedakan antara huruf-huruf yang berbeda
- Mengetahui kemampuan mengetahui perbedaan antara huruf-huruf yang berbeda
- Mampu dalam tata bahasa Arab
- Mengetahui kosa kata bahasa arab
- Memberikan perhatian pada bahasa Arab
- Memiliki dorongan dan motivasi
- Mengetahui perubahan makna karena perubahan bunyi bahasa
Macam-Macam Keterampilan Menyimak
Ada beberapa jenis menyimak dalam pembelajaran bahasa Arab, diantaranya:
- Menyimak terfokus, yaitu menyimak dengan kesengajaan yang dilakukan seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, seperi menyimak khutbah, menyimak penjelasan materi,
- Menyimak tidak terfokus, yaitu menyimak apa yang ada di sekitar lingkungan, seperti menyimak radio
- Menyimak bergantian, yaitu menyimak pembicaraan seseorang dalam sebuah diskusi atau muhadatsah
- Menyimak dengan menganalisa, menganalisa apa yang disengar dan berkaitan menganalisa isi pembicaraan
Masalah dalam pembelajaran keterampilan menyimak
- Kesulitan siswa dalam menangkap suara tertentu dari bahasa yang dipelajari
- Kesulitan dalam keharusan memahami, menangkap setiap kata, jika ada kata yang terlewat, siswa akan merasa gagal
- Siswa memahami pembicaraan teman dengan pelan-pelan.
- Butuh mendengarkan dari 1 kali mendengar
- Keterbatasan dalam mengambil seluruh informasi
Langkah-Langkah Pembelajaran Menyimak
Langkah-Langkah Pembelajaran Menyimak Tingkat Pemula (Al Marhalah Al Ibtida’iyyah)
- Membedakan setiap bunyi huruf yang didengar sesuai dengan makharijul huruf
- Menentukan kata sesuai dengan aspek suara yang didengar
- Menentukan setiap makna kata yang didengar dengan teliti
- Menentukan setiap makna kalimat yang didengar dengan teliti
- Menentukan tema yang tepat sesuai apa yang didengar
- Menentukan ide umum pikiran dari apa yang didengar
- Menentukan ide pokok pikiran dari apa yang didengar
- Mencoba mendengarkan kembali bentuk-bentuk kalimat yang baru.
Langkah-Langkah Pembelajaran Menyimak Tingkat Menengah (Al Marhalah Al Mutawaasithah)
- Menjelaskan kembali pemahaman umum dari apa yang didengar
- Menangkap ide pokok pikiran kalimat sesuai dengan maksud yang dikehendaki penutur
- Menjelaskan ide-ide yang berbeda dari apa yang didengar
- Mendengarkan satu tema yang lebih panjang dan kemudian memahaminya dengan benar
- Mengutarakan makna dari apa yang didengar
- Mencoba mendengarkan kembali bentuk-bentuk kalimat yang baru.
Langkah-Langkah Pembelajaran Menyimak Tingkat Keatas (Al Marhalah Al Mutaqaddimah)
- Meringkas isi pokok pikiran dari apa yang didengar
- Menentukan kandungan makna dari apa yang didengar
- Membedakan antara fakta atau opini yang berbeda
- Membedakan opini yang berbeda-beda dari apa yang di dengar
- Mengkritik maksud atau kandungan informasi dan intisari dari apa yang didengar.
- Kammil Ramma Oensyar, Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (IAIN Antasari Press, 2015).
- Abdul Wahab Rosyidi, Mamlu'atun Ni'mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011)
0 Komentar