Advertisement

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Keterampilan Mendengar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Dalam pembelajaran bahasa Arab memuat 4 keterampilan dasar, yaitu: keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.

keempat keterampilan tersebut harus secara simultan diajarkan kepada peserta didik agar kelak mereka mendapatkan asupan pembelajaran bahasa yang komplit dan tidak setengah-setengah.

lantas bagaimana kita memahami unsur-unsur keterampilan berbahasa tersebut,? simak ulasannya pada tulisan di bawah ini

Keterampilan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Pengertian Keterampilan Menyimak

Dalam Pembelajaran Bahasa Arab ada 3 istilah untuk mendengarkan yaitu: mendengar (as-sima’), menyimak (al istima’) dan mendengarmemahami (al inshaat).

Menyimak dalam pembelajaran bahasa arab merupakan suatu keterampilan dalam menangkap suara-suara bahasa Arab atau simbol-simbol bahasa arab untuk kemudian memahaminya sesuai pemahaman  sang pendengar

Ada 4 Unsur dalam keterampilan mendengar:

  • Memahami secara umum makna yang terkandung
  • Menafsiri pembicaraan dan beribteraksi
  • Mengevaluasi dan mengkritik pembicaraan
  • Menggabungkan isi yang diterima dengan pengalaman individu yang telah dimiliki.

Tujuan Pembelajaran Keterampilan Menyimak

Diantara Tujuan-tujuan pembealajaran menyimak dalam pemebelajaran bahasa Arab adalah:

  • Mampu menyimak, perhatian, dan fokus pada materi yang didengar
  • Mampu mengikuti dan menguasai apa yang didengar
  • Mampu memahami apa yang di dengar
  • Menanamkan kebiasaan mendengar sesuai dengan nilai sosial dan pendidikan yang sangat penting
  • Mengetahui makna kosa-kata

Prinsip Pembelajaran Keterampilan Menyimak

Perlu beberapa prinsip dalam pembelajaran bahasa arab yang harus dilakukan para pembelajar bahasa Arab agar mutqin, yaitu:

  • Mengenal bunti-bunyi bahasa Arab sesuai makhrajnya
  • Membedakan antara huruf-huruf yang berbeda
  • Mengetahui kemampuan mengetahui perbedaan antara huruf-huruf yang berbeda
  • Mampu dalam tata bahasa Arab
  • Mengetahui kosa kata bahasa arab
  • Memberikan perhatian pada bahasa Arab
  • Memiliki dorongan dan motivasi
  • Mengetahui perubahan makna karena perubahan bunyi bahasa

Macam-Macam Keterampilan Menyimak

Ada beberapa jenis menyimak dalam pembelajaran bahasa Arab, diantaranya:

  • Menyimak terfokus, yaitu menyimak dengan kesengajaan yang dilakukan seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, seperi menyimak khutbah, menyimak penjelasan materi,
  • Menyimak tidak terfokus, yaitu menyimak apa yang ada di sekitar lingkungan, seperti menyimak radio
  • Menyimak bergantian, yaitu menyimak pembicaraan seseorang dalam sebuah diskusi atau muhadatsah
  • Menyimak dengan menganalisa, menganalisa apa yang disengar dan berkaitan menganalisa isi pembicaraan

Masalah dalam pembelajaran keterampilan menyimak

  • Kesulitan siswa dalam menangkap suara tertentu dari bahasa yang dipelajari
  • Kesulitan dalam keharusan memahami, menangkap setiap kata, jika ada kata yang terlewat, siswa akan merasa gagal
  • Siswa memahami pembicaraan teman dengan pelan-pelan.
  • Butuh mendengarkan dari 1 kali mendengar
  • Keterbatasan dalam mengambil seluruh informasi

Langkah-Langkah Pembelajaran Menyimak

Langkah-Langkah Pembelajaran Menyimak Tingkat Pemula (Al Marhalah Al Ibtida’iyyah)

  • Membedakan setiap bunyi huruf yang didengar sesuai dengan makharijul huruf
  • Menentukan kata sesuai dengan aspek suara yang didengar
  • Menentukan setiap makna kata yang didengar dengan teliti
  • Menentukan setiap makna kalimat yang didengar dengan teliti
  • Menentukan tema yang tepat sesuai apa yang didengar
  • Menentukan ide umum pikiran dari apa yang didengar
  • Menentukan ide pokok pikiran dari apa yang didengar
  • Mencoba mendengarkan kembali bentuk-bentuk kalimat yang baru.

Langkah-Langkah Pembelajaran Menyimak Tingkat Menengah (Al Marhalah Al Mutawaasithah)

  • Menjelaskan kembali pemahaman umum dari apa yang didengar
  • Menangkap ide pokok pikiran kalimat  sesuai dengan maksud yang dikehendaki penutur
  • Menjelaskan ide-ide yang berbeda dari apa yang didengar
  • Mendengarkan satu tema yang lebih panjang dan kemudian memahaminya dengan benar
  • Mengutarakan makna dari apa yang didengar
  • Mencoba mendengarkan kembali bentuk-bentuk kalimat yang baru.

Langkah-Langkah Pembelajaran Menyimak Tingkat Keatas (Al Marhalah Al Mutaqaddimah)

  • Meringkas isi pokok pikiran dari apa yang didengar
  • Menentukan kandungan makna dari apa yang didengar
  • Membedakan antara fakta atau opini yang berbeda
  • Membedakan opini yang berbeda-beda dari apa yang di dengar
  • Mengkritik maksud atau kandungan informasi dan intisari dari apa yang didengar.

 Referensi:

  • Kammil Ramma Oensyar, Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (IAIN Antasari Press, 2015).
  • Abdul Wahab Rosyidi, Mamlu'atun Ni'mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011)

Posting Komentar

0 Komentar