Advertisement

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

 

Salah satu metode yang tidak boleh dianggap sebelah mata dalam pembelajaran bahasa Arab adalah metode cooperative learning.
apa itu metode cooperative learning?
bagaimana sejarah singkat metode cooperative learning?
apa saja unsur-unsur dalam metode cooperative learning?
bagaimana karakteristik, langkah-langkah, serta kelebihan dan kekurangan metode cooperative learning?

simak penjelasan singkatnya dalam tulisan di bawah ini

Pengertian Metode Cooperative Learning

Metode Cooperative Learning adalah pembelajaran yang mengikat kelompok dalam proses pembelajaran

  • Menurut Depdiknas, Cooperative Learning adalah salah satu strategi pembelajaran dengan membuat sebuah kelompok kecil dalam suatu kelas yang bertugas untuk bekerjasama bertukar ide atau pikiran selama kegiatan pembelajaran
  • Menurut Slavin, Cooperative Learning adalah Pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok
  • Menurut Johnson, Cooperative Learning adalah metode pemanfaatan kelompok kecil dalam suatu pembelajaran

Sejarah Metode Cooperative Learning

Tahun 1950

  • Populer pada tahun 1950 M (Abad ke20)
  • Dapat dilihat dari hasil nyata Pakar psikologi pendidikan seperti peaget & vygotsky dalam pendekatan pembelajaran

Tahun 1954

  • Model pembelajaran cooperatif learning digunakan di amerika sebagai jalan keluar atas perbedaan ras kulit hitam & ras kulit putih dalam situasi pembelajaran
  • Asas pembelajarannya adalah kerjasama antar peserta didik (simbiosis mutualisme)

Tahun 1954-1960

  • Pengagas metode ini adalah john dewey (1916) dalam bukunya “democration & education”
  • 1954-1960 dikembangkan oleh “herbert thelen” dengan mengembangkan prosedur-prosedur pelaksanaannya

Karakteristik Metode Cooperative Learning

  • Positive Interpedence : Anggota kelompok saling bergantung dengan anggota yang lain dalam hal positive
  • Face to face interaction: Semua anggota saling berinteraksi secara berhadapan
  • Individual acountability: Setiap anggota kelompok harus menyumbang pemikirannya demi keberhasilan kelompok
  • Social skill or Collaborative: Kolaborasi antar sesama anggota kelompok alias bekerja sama (bersosial)
  • Group Processing: Menilai bagaimana grup dapat bekerja dengan baik

Unsur-Unsur Metode Cooperative Learning

  • Saling ketergantungan positive
  • Tanggung jawab perseorangan
  • Tatap muka
  •  Komunikasi antar kelompok
  • Evaluasi proses kelompk

Praktek Metode Cooperative Learning

Kelebihan dan Kekurangan Metode Cooperative Learning

Kelebihan

  • Siswa tidak bergantung pada guru, dapat berfikir mandiri dengan belajar dari siswa lain
  • Dpaat mengungkapkan ide dan membandingnkannya dengan ide siswa yang lain
  • Membantu respect siswa pada siswa lain dengan menerima segala perbedaan
  • Membantu memberdayakan siswa untuk tanggung jawab bejar
  • Meningkatkan kemampuan sosial
  • Dan lain-lain

Kekurangan

  • Siswa dengan kelebihan pengetahuan akan terhambat dengan siswa yang kurang pengetahuan
  • Penilaian yang diberikan didasarkan pada hasil kerja kelompok
  • Memerlukan waktu cukup panjang dalam mengembangkan kesadaran berkelompok
  • Walaupun dalam pembelajaran dilakukan kerja kelompok,namun dalam kehidupan real banyak aktifitas yang dilakukan malah justru secara individual
Referensi:
  • Kammil Ramma Oensyar, Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (IAIN Antasari Press, 2015).
  • Abdul Wahab Rosyidi, Mamlu'atun Ni'mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011)

Posting Komentar

0 Komentar