Advertisement

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Metode Sugestopedia Dalam Pembelajaran Bahasa Arab


Dalampembelajaran bahasa apapu, termasuk bahasa Arab tampaknya ada satu metode yang tidak luput dari perhatian para pakar pendidikan. karena metode ini pada hakikatnya berangkat dari pijakan memberikan sugesti positif.

seperti apa pengertian, karakteristik, unsur-unsur pokok, serta kelebihan dan kekurangan metode sugestopedia?

simak selengkapnya pada tulisan ini,

Pengertian Metode Sugestopedia

Metode Sugestopedia adalah salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa yang menerapkan sugesti dalam pembelajarannya. Metode ini menggunakan teknik relaksasi dan konnsentrasi  yang dapat membantu peseta didik dalam belajar

Sejarah Metode Sugestopedia

Metode ini pertama kali di kembangkan oleh ahli psikiater dan pendidikan dari Bulgaria, eropa timur bernama George Lazanov pada tahun 1975. Metode ini banyak dikembangkan di sekolah-sekolah di Amerika dan Eropa.

Kemunculan metode sugestopedia dimaksudkan untuk meminimalisir pengaruh negatif dalam pembelajaran seperti perasaan takut bertanya, takut perasaan tidak mampu, takut salah dan khawatir terhadap sesuatu yang baru.

Unsur-Unsur Pokok Metode Sugestopedia

v  Authority: kemampuan dan penguasaan guru pada materi ajar

v  Infantilisasi: menjadikan peserta didik seperti anak-anak dengan memberikan rileksasi dalam pembelajaran

v  Dual Komunikasi: komunikasi verbal dan nonverbal berupa rangsangan semangat

v  Intonasi: pengaturan nada ketika memberi materi

v  Irama: memberikan irama teratur saat menyampaikan materi terutma kapan berhenti, kapan lanjut

v  Keadaan pseudoa-pasif: membawa peserta didik ke dalam keadaan rileks tapi tidak tidur.

Karakteristik Metode Sugestopedia

  • Tujuan pengajarannya adalah membimbing pelajar untuk lancar berbicara dalam tingkat lanjut
  • Metode sugestopediamemandang manusia sebagai satu kesatuan yang utuh antara fisik, rasa, jiwa, intelektual
  • Metode ini memupuk rasa percaya diri peserta didik karena mereka dilatih untuk melihat bahwa belajar adalah sesuatu yang mudah dengan menghadapi masalah dengan tenang dibarengi hal yang menyenangkan

Praktek Metode Sugestopedia

  • Meninjau kembali materi pelajaran yang sudah berlalu dengan bentuk percakapan, permainan, sketsa, dll.jika terdapat kesalahan siswa, maka dibetulkan dengan nada mendorong ke arah positif
  • Materi baru disajikan dalam konteks melalui dialog (tradisional), ada peragaa gerak tubuh
  • Materi disajikan dengan memberikan kata-kata baru dan tata bahasa

Kelebihan dan Kekurangan Metode Sugestopedia

Kelebihan

  • Memberikan ketenangan dan kesantaian
  • Menyenangkan dan menggembirakan
  • Mempercepat proses pembelajaran
  • Memberikan penekanan pada perkembangan bahasa

Kekurangan

  • Hanya dapat dipergunakan dalam kelompok kecil
  • Belum ada ketentuan dan persiapan bagi tingkat menengan dan lanjut
  • Terbatas apabila diterapkan dalam keterampilan menyimak dan membaca, karena metode sugestoopedia termasuk metode aktif, sedangkan menyimak dan membaca adalah keterampilan pasif

 Referensi:

  • Kammil Ramma Oensyar, Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (IAIN Antasari Press, 2015).
  • Abdul Wahab Rosyidi, Mamlu'atun Ni'mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011)

Posting Komentar

0 Komentar