Dalampembelajaran bahasa apapu, termasuk bahasa Arab tampaknya ada satu metode yang tidak luput dari perhatian para pakar pendidikan. karena metode ini pada hakikatnya berangkat dari pijakan memberikan sugesti positif.
seperti apa pengertian, karakteristik, unsur-unsur pokok, serta kelebihan dan kekurangan metode sugestopedia?
simak selengkapnya pada tulisan ini,
Pengertian Metode Sugestopedia
Metode Sugestopedia adalah salah satu metode yang digunakan dalam
pembelajaran bahasa yang menerapkan sugesti dalam pembelajarannya. Metode ini
menggunakan teknik relaksasi dan konnsentrasi
yang dapat membantu peseta didik dalam belajar
Sejarah Metode Sugestopedia
Metode ini pertama kali
di kembangkan oleh ahli psikiater dan pendidikan dari Bulgaria, eropa timur
bernama George Lazanov pada tahun 1975. Metode ini banyak dikembangkan di
sekolah-sekolah di Amerika dan Eropa.
Kemunculan metode
sugestopedia dimaksudkan untuk meminimalisir pengaruh negatif dalam
pembelajaran seperti perasaan takut bertanya, takut perasaan tidak mampu, takut
salah dan khawatir terhadap sesuatu yang baru.
Unsur-Unsur Pokok Metode Sugestopedia
v
Authority: kemampuan dan penguasaan guru pada materi ajar
v
Infantilisasi: menjadikan peserta didik seperti anak-anak dengan memberikan
rileksasi dalam pembelajaran
v
Dual Komunikasi: komunikasi verbal dan nonverbal berupa rangsangan semangat
v
Intonasi: pengaturan nada ketika memberi materi
v
Irama: memberikan irama teratur saat menyampaikan materi terutma kapan
berhenti, kapan lanjut
v
Keadaan pseudoa-pasif: membawa peserta didik ke dalam keadaan rileks tapi
tidak tidur.
Karakteristik Metode Sugestopedia
- Tujuan pengajarannya adalah membimbing
pelajar untuk lancar berbicara dalam tingkat lanjut
- Metode sugestopediamemandang manusia sebagai
satu kesatuan yang utuh antara fisik, rasa, jiwa, intelektual
- Metode ini memupuk rasa percaya diri peserta
didik karena mereka dilatih untuk melihat bahwa belajar adalah sesuatu
yang mudah dengan menghadapi masalah dengan tenang dibarengi hal yang
menyenangkan
Praktek Metode Sugestopedia
- Meninjau kembali materi pelajaran yang sudah
berlalu dengan bentuk percakapan, permainan, sketsa, dll.jika terdapat
kesalahan siswa, maka dibetulkan dengan nada mendorong ke arah positif
- Materi baru disajikan dalam konteks melalui
dialog (tradisional), ada peragaa gerak tubuh
- Materi disajikan dengan memberikan kata-kata
baru dan tata bahasa
Kelebihan dan Kekurangan Metode
Sugestopedia
Kelebihan
- Memberikan ketenangan dan kesantaian
- Menyenangkan dan menggembirakan
- Mempercepat proses pembelajaran
- Memberikan penekanan pada perkembangan bahasa
Kekurangan
- Hanya dapat dipergunakan dalam kelompok kecil
- Belum ada ketentuan dan persiapan bagi
tingkat menengan dan lanjut
- Terbatas apabila diterapkan dalam
keterampilan menyimak dan membaca, karena metode sugestoopedia termasuk
metode aktif, sedangkan menyimak dan membaca adalah keterampilan pasif
- Kammil Ramma Oensyar, Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (IAIN Antasari Press, 2015).
- Abdul Wahab Rosyidi, Mamlu'atun Ni'mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011)
0 Komentar