Advertisement

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

 


Salah satu keterampilan berbahasa yang tidak luput dalam pembelajaran adalah keterampilan menulis. keterampilan menulis merupakan bagian dari cara agar kita dikenal dunia.menulis bukan merupakan perkara mudah, akan tetapi hal tersebutkan menjadi bernilai jika kita mengetahui ilmu dan sekaligus terbiasa dalam hal tulis menulis.

lantas, apa saja yang dapat kita perhatikan dalam keterampilan menulis tersebut?

simak penjelasannya di bawah ini agar kita tahu sedikit banyak tentang menulis.

Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Pengertian Keterampilan Menulis

Pada hakikatnya definisi menulis dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, diantaranya:

  • Menulis dalam sudut pandang “kreatifitas”, menurut al-Ashma’iy adalah kegiatan mengakomodir beberapa huruf dalam beberapa huruf yang lain.
  • Menulis dalam sudut pandang “perlambangan”, menurut Rusydi A. Thuaimah adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam merubah kode atau lambang lisan menjadi teks tertulis.
  • Menulis dalam sudut pandang “intelegensi”, menurut Fathi Yunus adalah kegiatan yang memiliki langkah-langkah beruntun dan memiliki keterhubungan dalam satu ikatan.
  • Menulis dalam sudut pandang “produktifitas”, menurut an-Naaqah adalah kemampuan kinestetik yang didukung oleh kecermatan indera visual, gagasan intelektual, serta gagasan mentalitas pikiran dalam sebuah wadah bahasa yang tepat.
  • Menulis dalam sudut pandang “fungsi”, menurut Abdul Hamid adalah salah satu perantara melakukan komunikasi dengan mengetahui ide atau pikiran orang lain, serta mengungkapkan isi hati, pemahaman, dan perasaan yang terdapat dalam diri seseorang

Tujuan Pembelajaran Keterampilan Menulis

Diantara beberapa Tujuan pembelajaran keterampilan menulis adalah:

  • Mampu menerapkan kaidah penulisan huruf dengan benar
  • Dapat menerapkan kaidah imla’
  • Mampu membuat kohesi dan koherensi antar kata, kalimat, ataupun paragraf
  • Mampu menulis huruf sesuai khat yang berlaku
  • Mampu menerapkan tanda baca dalam sebuah tulisan.

Prinsip Pembelajaran Keterampilan Menulis

Perlu beberapa prinsip dalam pembelajaran bahasa arab yang harus dilakukan para pembelajar bahasa Arab agar mutqin terutama dalam keterampilan menulis,diantaranya:

  • Tema pembelajaran haruslah jelas
  • Tema harus berasal dari kehidupan nyata, atau pengalaman langsung dari peserta didik
  • Pengajaran insya harus dikaitkan dengan qawaid dan muthala’ah,karena insya adalah media yang sesuai untuk mengimplementasikan qawaid yang idenya diperoleh dari muthala’ah
  • Pekerjaan siswa harus dikoreksi,jika tidak maka mereka tidak tahu kesalahannya

Langkah-Langkah Pembelajaran Menulis

Langkah-Langkah Pembelajaran Menulis Tingkat Pemula (Al Marhalah Al Ibtida’iyyah)

  • Latihan menulis huruf abjad bahasa Arab yang dimulai dari أ، ب، ت، ث، ج، ح، خ....إلخ dan seterusnya hingga huruf ي sesuai dengan kaidah penulisan yang benar dan tepat.
  • Memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang huruf-huruf dalam bahasa Arab yang dapat disambung dengan huruf lain dan huruf-huruf dalam bahasa Arab yang tidak dapat disambung dengan huruf lain.
  • Memberikan latihan dan pengetahuan tentang cara menulis huruf-huruf dalam bahasa Arab ketika berada di awal/di tengah/di akhir kata

Langkah-Langkah Pembelajaran Menulis Tingkat Menengah (Al Marhalah Al Mutawaasithah)

  • Latihan menulis kata-kata dalam bahasa Arab, seperti: ذهب، رجع، أكل، شرب  dan lain sebagainya sesuai kurikulum yang berlaku dalam satuan pendidikan.
  • Latihan menuliskan pola kalimat isim (subjek + predikat) atau kalimat fiil (predikat + subjek).
  • Latihan menuliskan pola kalimat sempurna yang terdiri dari subjek + predikat + objek + keterangan.
  • Latihan kesesuaian kalimat berdasarkan ilmu nahwu dan ilmu sharaf

Langkah-Langkah Pembelajaran Menulis Tingkat Keatas (Al Marhalah Al Mutaqaddimah)

  • Latihan menulis paragraf sederhana dengan tidak mengabaikan struktur kalimat yang terdiri dari subjek + predikat + objek + keterangan.
  • Latihan menulis paragraf sesuai dengan kaidah nahwu dan shorof yang berlaku.
  • Latihan menulis paragraf dengan tanda baca yang tepat.
  • Latihan menggunakan konjungsi (kata penghubung) dalam menulis paragraf sederhana.
  • Latihan menuliskan paragraf sederhana dengan menghadirkan kohesi dan koherensi sebuah kalimat
Referensi
  • Kammil Ramma Oensyar, Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (IAIN Antasari Press, 2015).
  • Abdul Wahab Rosyidi, Mamlu'atun Ni'mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011)

Posting Komentar

0 Komentar