Advertisement

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Metode Total Psychal Respon (TPR) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab


Salah satu metode yang tidak kalah penting untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah Metode Total Psychal Respon. lantas, apa pengertian, prinsip, karakteristik, langkah-langkah penerapan, serta kelebihan dan kekurangan dari metode ini?

Pengertian Metode Total Psychal Respon

Metode Total Psychal Respon  adalah salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa yang didasarkan pada beberapa asumsi bahwa bahasa merupakan bagian dari grammar (kaidah). Asas dari metode ini adalah sebuah perintah dan siswa atau peserta didik memahami bahasa sebelum mampu mengungkapkan bahasa itu.

Pembelajaran bahasa Arab yang didasarkan pada metode ini lebih mengucapkan proses mendengar dan berbicara dengan bahasa  dibandingkan dengan membaca dan menulis.

Prinsip Metode Total Psychal Respon

Pemahaman bahasa : Pemahaman Bahasa dicapai melalui instruksi lisan yang diucapkan guru dengan menggunakan kalimat imperatif (perintah)

Kesiapan berbicara : Siswa dalam hal ini diupayakan untuk dapat memiliki kesiapan untuk berbicara

Berbicara : Kegiatan berbicara dimulai setelah siswa mampu memahami bahasa lisan yang diucapkan guru

Dalam pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan dengan menggunakan metode ini, siswa atau peserta didik mengalami pembelajaran bahasa asing seperti halnya mereka mempelajari bahasa ibu dari kedua orang tuanya yang dipraktekkan dengan memberi sebuah peraga, serta hampir semua pembelajaran bahasa ibu di masa kecil dapat berupa perintah

Karakteristik Metode Total Psychal Respon

  • Aktivitas yang dilakukan dalam pembelajaran bahasa Asing berupa drill kalimat perintah
  • Siswa merespon apa yang diucapkan guru secara gerak fisik
  • Siswa berperan aktif sebagai pendengar dan melakukan perintah
  • Guru berperan aktif sebagai pemberi perintah layaknya sutradara dalam sebuah drama pementasan
  • Metode ini bertujuan untuk menyiapkan siswa mampu memahami suatu bahasa untuk kemudian dapat mengungkapkannya sebagai bahasa komunikasi

Langkah – Langkah dalam menerapkan metode Audio Lingual

  • Pendahuluan (salam, apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran, dan hal-hal umum lainnya pada pendahuluan)
  • Kegiatan ini
  • Guru membuat sebuah gurp lingkaran dengan siswa
  • Guru memulai materi dengan mengucapkan kata atau kalimat dan melakukan gerakan (fisik) atau peraga sesuai makna dari kata atau kalimat tersebut, contoh: guru mengatakan إجلس maka nanti ia memperagakan posisi sedang duduk.
  • Kemudian guru memerintahkan siswa untuk serentak mengucapkan kata إجلس  dan mereka juga ikut memperagakan posisi sedang  duduk,
  • Perintah dan memperagakan tersebut dapat dilakukan secara bergantian, semisal: guru memerintah, siswa merespon atau siswa memerintah, guru merespon atau siswa memerintah dan siswa lain merespon.
  • Jika di rasa cukup maka langkah selanjutnya adalah guru mengucapkan kata tersebut “إجلس” tanpa melakukan contoh gerakan duduk, melainkan siswa langsung bermain peran dengan langsung duduk sesuai perintah guru

Kelebihan Dan Kekurangan Metode

Kelebihan

  • Siswa lebih aktif dan semangat karena menggunakan sebuah gerakan dan tidak hanya audio saja
  • Menumbuh kembangkan kesiapan siswa untuk dapat berbicara
  • Siswa dilatih untuk fokus pada apa yang didengar untuk kemudian memberikan respon dengan gerakan
  • Sangat cocok diterapkan pada keterampilan mendengar memahami
  • Cocok diterpakan pada kelas pemula
  • Dapat digabung dengan metode langsung (tanpa terjemahan langsung, alias terjemahan diganti dengan demonstrasi)

Kekurangan

  • Tidak cocok untuk materi keterampilan membaca dan menulis
Referensi:
  • Kammil Ramma Oensyar, Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (IAIN Antasari Press, 2015).
  • Abdul Wahab Rosyidi, Mamlu'atun Ni'mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011)

Posting Komentar

0 Komentar