Advertisement

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran Bahasa Arab

Materi-materi tentang bahasa sangat layak untuk diperhatikan apalagi bagi pembelajar bahasa, salah satunya adalah bahasa Arab.

Ada beberapa pembahasan yang akan diuraikan dalam tulisan kali ini, yaitu terkait Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran Bahasa Arab

Pengertian Pendekatan Pembelajaran Bahasa Arab

Pendekatan adalah seperangkat asumsi yang behubungan dengan kedudukan atau jati diri suatu bahasa serta proses pembelajaran dan pengajaran bahasa. Sebagai contoh dalam hal pendekatan kita kenal dengan pendekatan Aural-Oral yang menyatakan bahwa bahasa adalah sesuatu yang kita dengan dan kita lafalkan (ucapkan), sedangkan tulisan adalah sebagai manifestasi dari ujaran. sehingga dalam pembelajaran bahasa, yang diutamakan adalah keterampilan mendengar dan berbicara terlebih dahulu sebelum akhirnya merambah pada pembelajaran keterampilan membaca dan menulis.

Pengertian Metode Pembelajaran Bahasa Arab

Metode adalah sebuah rencana menyeluruh yang berkaitan dengan penyajian materi secara runtut atau teratur yang disesuaikan pada pendekatan yang dipakai. metode dalm pembelajaran bersifat prosedural. misal: ada perbedaan latar belakang pendidikan siswa yang lulusan pesantren dengan siswa yang lulusan SMA, yang sebagian mereka ada yang sudah mengetahui bahasa Arab dan bahkan ada yang belum mengetahui bahasa Arab, maka dalam pembelajaran bahasa Arab tersebut membutuhkan suatu metode qawaid dan tarjamah

Pengertian Teknik Pembelajaran Bahasa Arab

Teknik adalah kegiatan terperinci yang diimplementasikan dalam suatu kelas pembeljaran sesuai pendekatan dan metode yang dipilih dalam mengajar bahasa Arab. teknik ini bersifat operasional.

Macam-Macam Pendekatan Pembelajaran Bahasa Arab

diantara macammacam pendekatan pembelajaran bahasa Arab adalah:

  • Pendekatan humanistik
  • Pendekatan berbasis media
  • Pendekatan aural-Oral
  • Pendekatan analisis dan nonanalisis
  • Pendekatan komunikatif
  • Pendekatan pembelajaran aktual
  • Kesemua pendekatan tersebut dijelaskan secara terperinci di dalam PPT di bawah tulisan ini. dan dapat didownload gratis
Beberapa Pendekatan Aktual

Diantara beberapa pendekatan yang sifatnya aktual adalah sebagai berikut:

  • Pendekatan Konstruktivisme
  • Pendekatan Kontekstual
  • Pendekatan Quantum Pembelajaran Dan Pengajaran
  • Pendekatan Kooperatif
  • Pendekatan PAKEM atau PAIKEM
  • Kesemua pendekatan tersebut dijelaskan secara terperinci di dalam PPT di bawah tulisan ini. dan dapat didownload gratis
Metode Pembelajaran Bahasa Arab

Metode pembelajaran bahasa Arab dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

  • Metode yang berpusat pada Bahasa
  • Metode yang berpusat pada pembelajaran
  • Metode yang berpusat pada siswa
Metode Yang Berpusat Pada Bahasa

Metode yang berpusat pada bahasa antara lain:

  • Metode Qawaid dan Tarjamah
  • Metode Langsung
  • Metode Membaca
  • Metode Audiolingual
  • Metode Kognitif
  • Metode Elektik
Beberapa penjelasan metode-metode tersebut akan dijelaskan pada tulisan-tulisan yang akan datang.

Metode yang berpusat pada Pembelajaran antara lain:

  • Metode Total Physical Response
  • Metode Silent Way
  • Metode Belajar Konseling
  • Metode Sugestopedia
Metode Yang Berpusat Pada Siswa

Metode yang berpusat pada siswa antara lain:

  • metode komuniakatif

Teknik Pembelajaran Bahasa Arab

Teknik Pembelajaran Keterampilan Mendengar

Diantara beberapa langkah-lagkah dalam mengajarkan keterampilan mendengar adalah:

  • memulai pelajaran
  • menjelaskan pentingnya keterampilan mendengar
  • menentukan materi
  • menjelaskan tujuan pembelajaran
  • menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan
  • memutar suara bahasa arab dan siswa mendengarkan
  • siswa memhamai suara yang diperdengarkan
  • guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan apa yang didengar
  • diskusi dan memberi kesempatan bertanya
  • membuat ringkasan
  • evaluasi pembelajaran
Teknik Pembelajaran Keterampilan Berbricara

Diantara beberapa langkah-lagkah dalam mengajarkan keterampilan berbicara adalah:

  • memulai pelajaran
  • menjelaskan pentingnya keterampilan berbicaara
  • menentukan materi
  • menjelaskan tujuan pembelajaran
  • menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan
  • siswa diberi kesempetan untuk menyebutkan kata atau kalimat ecara lisan dan mengungkapkan isi pikiran
  • bermain peran
  • menceritakan dirinya atau hal yang pernah dialami dengan bahasa Arab
  • memberi kesempatan untuk memilih tema yang ingin diceritakan
  • evaluasi

Teknik Pembelajaran Keterampilan Membaca

Diantara beberapa langkah-lagkah dalam mengajarkan keterampilan Membaca adalah:
  • memulai pelajaran
  • menjelaskan pentingnya keterampilan berbicaara
  • menentukan materi
  • menjelaskan tujuan pembelajaran
  • menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan
  • menyajikan teks dari sederhana ke teks kompleks dengan bahasa sederhana
  • membacakan teks ke siswa
  • siswa mencoba membaca keras
  • melatih siswa membaca secara individu
  • guru memperhatikan kesalahan pengucapan siswa dan perlu pembenaran

Teknik Pembelajaran Keterampilan Menulis

Diantara beberapa langkah-lagkah dalam mengajarkan keterampilan menulis adalah:
  • memulai pelajaran
  • menjelaskan pentingnya keterampilan berbicaara
  • menentukan materi
  • menjelaskan tujuan pembelajaran
  • menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan
  • menyajikan mati sederhana terlebih dahulu (gradasi), seperti: menyalin huruf, menulis kata, menulis kalimat, menulis paragraf, menulis insya atau karangan bebas
  • evaluasi
Referensi:
  • Kamil Ramma Oensyar, Ahmad Hifni, Pengantar Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Kalimantan: IAIN Antasari Press, 2015), Hlm. 13-26
  • Abdul Wahab Rosyidi, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN Maliki Press, 2011), Hlm. 33-75
selengkapnya lihat pada PPT di bawaah ini

 

Posting Komentar

0 Komentar