نص مهارة الاستماع
(المشاورة)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:
·
Sub-CPMK 6: Mampu mengulangi dan menggunakan kembali
kalimat dari audio/visual yang didengar (P1, P5)
Indikator Capaian:
·
Mahasiswa mampu mengulangi
kalimat dari audio visual yang didengar
·
Mahasiswa mampu menggunakan
kembali kalimat dari audio visual yang didengar
Metode dan Penugasan Pembelajaran:
- ·
Kuliah
- · Group Discussion
- · Project Based Learning
Materi Pembelajaran:
مصدر
الفيديو:
المواد
التعليمية
أ.
المفردات:
المزرعة |
Taman,
Sawah |
المسؤول |
Tanggung jawab |
مضى
– يمضي |
Lewati |
قرر
– يقرر – تقرير |
Menentukan |
المقبلة |
Yang
akan datang |
تشاور
– يتشاور |
Musyawarah |
قضى – يقضي |
Menghabiskan
(liburan) |
النشاط |
Kegiatan |
الرحلة |
Perjalanan,
Wisata |
المضيعة |
Membuang-buang (waktu) |
إتفق – يتفق |
Menyepakati |
وجه
– يوجه |
Menghadapi |
المنظر |
Pemandangan |
منافسة |
Pertandingan, Persaingan |
إقترح – يقرح |
Mengusulkan,
menyarankan |
شارك – يشارك |
mengikuti |
مسابقة
ثقافية |
Perlombaan
seni budaya |
كرة
القدم |
Sepak bola |
الهواء |
Suasana |
العودة |
Kembali |
المبارة |
Pertandingan |
بسيط |
Sederhana |
ب.
بيان الفيديو :
حدث المحادثة عند يقوم التلاميذ بالرحلة
فى إحدى المكان فتشاورا عن النشاط الذي سيتم إختيارهم. واتفق معظم التلاميذ على
القيام بمسابقة ثقافية إلا تلميذا واحدا وهو أراد مسابقة كرة القدم. فينصح له
الأستاذ عن المشاورة. ودعا للعودة إلى أصدقائه.
ج.
نص المحادثة
:
الطالب 1 (فواز) |
: |
أها. ما هي المزرعة التي سنمضي بها الساعات الثلاثة المقبلة لقد اقتربنا |
الأستاذ |
: |
حمد لله على سلامتكم يا أبنائي. أتمنى أن تقضوا وقتا ممتعا فى الرحلة
اليوم. والآن هل اتفقتم ما نريدون فعله؟ |
الطالب 2 (ناصر) |
: |
المنظر هنا جميل. أقترح أن نقوم مسابقة ثقافية فى الهواء الطلق |
الطالب 3 (سامي) |
: |
وأنا أرى المكان واسعا. وأقترح أن نقيم مبارة قوية فى كرة القدم |
الأستاذ |
: |
حسنا. خالد، ناصر، بدر، فواز وسامي أنتم التلاميذ المسؤولون عن تقرير النشاط الذي سيتم فى الرحلة وسأترككم
سويا لتتشاوروا وتقرروا |
الطالب 1 (فواز) |
: |
فلتتشاورا سوية. ونرى ما الذي سنتفق عليه |
الطالب 4 (خالد) |
: |
أنا أوافق على رأي ناصر. المسابقة الثقافية فكرة جيدة |
الطالب 1 (فواز) |
: |
وأنا أيضا أوافق على فكرة المسابقة الثقافية |
الطاب 3 (سامي) |
: |
لا فائدة مما نفعل ولن أنتظر مشورتكم المضيعة للوقت سأجمع عددا من
التلاميذ ونبدو اللعب وحدنا |
الأستاذ |
: |
هيا يا أولاد. كل مجموعة سأوجه لها سؤالا تتشاورون ثم تختارون تلميذا
ليجيب. فكروا جيدا وتشاوروا قبل الإجابة |
الطالب 4 (خالد) |
: |
ستكون منافسة صعبة |
الطالب 2 |
: |
ولكنها ممتعة |
الطالب 1 (فواز) |
: |
ترى، أين سامي؟ |
الأستاذ |
: |
ما الأمر يا سامي؟ لماذا أنت هنا وحيدا؟ |
الطاب 3 (سامي) |
: |
لقد تشاور أصدقائي واتفقوا على إقامة مسابقة ثقافية وليست كرة القدم |
الأستاذ |
: |
أها... إذا أصبحت وحيدا لأنك خرجت من شور أصدقائك |
الطاب 3 (سامي) |
: |
يبدوا أنني أخطأت عندما صممت على لعب الكرة لا أجد أحدا يشاركني |
الأستاذ |
: |
التشاور بين الأصدقاء هو أمر مهم حصوصا فى مثل هذه الرحلات. أنظر. لقد أصبحت وحيدا لأنك خرجت عن شورهم. هذا درس بسيط لك. ويبدو أنك
فهمته جيدا. لكن لا عليك، يمكنك الآن العودة لأصدقائك ومشاركتهم المسابقة |
الطاب 3 (سامي) |
: |
حقا؟ |
د. مضمون الفيديو فى
اللغة الإندونيسية
:
Pada suatu hari, para murid sedang melakukan rihlah ke sebuah
tempat. Dalam perjalananya mereka bermusyawarah untuk menentukan jenis kegiatan
apa yang akan mereka jalani. Salah satu dari mereka yaitu Nashir menyarankan
untuk mengadakan perlombaan seni budaya. Sedangkan, Sami menyarankan untuk
melakukan perlombaan sepak bola. Mendengar hal itu, sang Ustadz memberi
kesempatan kepada para murid untuk bermusyawarah dan menyepakati kegiatan apa
yang akan mereka lakukan sesuai dengan hasil musyawarah. Kemudian sang Ustadz
pergi meninggalkan murid untuk melakukan musyawarah.
Selama musyawarah, Khalid sepakat dengan pendapat Nashir,
yaitu mengadakan perlombaan seni budaya. Begitupun dengan Fawwaz yang juga
sepakat dengan pendapat Nashir. Mendengar hal tersebut, Sami beranggapan apa
yang mereka musyawarahkan tidak penting untuk dilakukan, bahkan Sami berniat
meninggalkan mereka yang hanya membuang-buang waktu untuk bermusyawarah dan
berniat mengumpulkan beberapa murid untuk bermain sendirian.
Setelah beberapa lama, sang Ustadz kembali bersama murid dan
berkata bahwa setiap kelompok akan diberi pertanyaan sesuai yang mereka
sepakati bersama dan mereka saling memilih untuk memberikan jawaban. Mendengar
arahan ustadz, menurut Khalid hal itu adalah persaingan yang sangat sulit, akan
tetapi dijawab oleh Nashir bahwa hal tersebut sangat menarik.
Selama pembahasan, Fawwaz tidak melihat keberadaan Sami dan
Fawwaz menanyakannya kepada para murid. Tiba-tiba sang Ustadz menghampiri Sami
dan menanyakan alasan mengapa ia sendirian dan berpisah dari teman-temanya.
Kemudian Sami menjawab bahwa teman-temannya sepakat untuk mengadakan perlombaan
seni budaya bukan sepak bola. Mendengar penuturan Sami, sang ustadzpun memahami
mengapa Sami keluar sendirian dari teman-temanya. Sami merasa bersalah karena
telah memilih permainan sepak bola dan dia tidak menemukan satupun temannya
yang sepakat pendapatnya dan mengikutinya. Sang ustadzpun menjelaskan bahwa
musyawarah antar terman merupakan suatu hal yang penting. Sang ustadz
menasehati Sami untuk melihat dirinya yang sendirian karena telah keluar dari
teman-temannya. Hal tersebut merupaan pelajaran sederhana untuk Sami. Sang
ustadz percaya bahwa Sami pasti memahami hal tersebut dan menyuruhnya untuk
kembali serta bergabung dengan teman-temannya.
0 Komentar