Advertisement

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Metodologi Pengajaran Bahasa Arab


Pengertian Metodologi Pengajaran Bahasa Arab

Kata metode merupakan asal kata dari bahasa Yunani yaitu "Metodos" yang bermakna cara atau jalan dan "Logos" yang bermakna suatu "ilmu".
Metodologi secara semantik bermakna Ilmu yang mempelajari suatu cara untuk memperoleh tujuan.

Metodologi dalam Pandangan pakar

Menurut Tayyar Yusuf, Metodologi sama dengan kata "metodic" (metodentik) artinya suatau penyelidikan yang sistematis dan formulasi metode yang digunakan alam suatu penelitian. dengan kata lain, metodologi merupakan ilmu tentang metode mengenai macam-macam metode mengajar, keunggulan dan kelemahannya, bagaimana penerapannya, dan lain lain (Tayyar, 2009: 197)

Menurut Jhas Daniel, Metodologi pembelajaran atau pengajaran bahasa Arab adalah cara yang ditemuh dalam menyajikan bahan pelajaran bahasa Arab agar lebih mudah dipahami (Jhos Daniel, 1994: 63)

Kesimpulan:

Metodologi pengajaran atau pembelajaran bahasa Arab adalah cara yang ditempuh oleh pengajar/pembelajar ketika mengajar atau belajar agar materi yang disampaikan atau diterima dapat dipahami dengan mudah.

Sejarah Perkembangan Pengajaran Bahasa Arab

  • Abad ke-1 H atau ke-7M
Pada Abad ini, bahasa Arab sudah merambah di berbagai daerah luar jazirah Arab, Byzantium, Persia, Afrika, Andalusia, dll
  • Bahasa Arab di masa khalifah
Di masa Khalifah Abbasiyah, bahasa Arab menjadi bahasa resmi negara dalam hal keperluan administrasi, dan sekaligus sebagai bahasa ilmu pengetahuan.
  • Tersebarnya Bahasa Arab
Bahasa selain bahasa Arab, seperti bahasa Yunani, Persia, Koptik, Syiria, yang notabene menjadi bahasa ibu mereka kini menjadi bahasa inferior
  • Interaksi Bangsa Arab dan Eropa
Interaksi ini menjadi ihwal adanya penerjemahan teks-teks sastra dan keagamaan (pengetahuan) dari bahasa Yunani-Arab.
  • Peranan Bahasa Arab-Filsafat Yunani
Setelah bangsa Yunani bangkit, ilmu pengetahuan dan Filsafat diambil alih dari Islam
  • Dunia Arab Mulai Melek Ilmu Pengetahuan
Setelah Eropa bangkit, dunia Arab mulai berusaha mengais tetes pengetahuan yang awalnya maju karena peradaban mereka sendiri.
  • Napoleon Bonaparte ke Mesir 1798 M
Dari datangnya Napoleon ke Mesir, dunia Aran mulai meneladani bangsa Eropa
  • Pengajaran Bahasa Di Eropa

Metode yang berkembang di Eropa diadopsi secara luas di Mesir, mulai dari gramtika dan terjemah sampai pada metode langsung

Sejarah Perkembangan Pengajaran Bahasa Arab
  • Misionaris kristen Amerika menyerang Arab, mereka menggunakan bahasa Arab untuk melancarkan misinya.
  • Pengaruh Misionaris,, karena bahasa Arab banyak digunakan, maka bahasa Arabpun semakin maju penggunaannya.
  • Syiria dan Lebanon menjadi pusat bahasa, banyak buku dan kamus bahasa Arab diterbitkan di kedua negara ini
  • Perkembangan bahasa Arab-Nasrani, bahasa Arab menjadi berkembang atas pengaruh misionaris yang kebanyakan beragama kristen
  • Munculnya orang kristen Luis Ma'luf (Pembuat kamus munjid), salah satu orang kristen yang giat dalam perkembangan bahasa Arab adalah Louis Ma'luf dengan kamusnya Al, Munjid
  • Hubungan Arab - Misionaris Amerika, hubungan ini berpengaruh pada perkembangan metodologi pengajaran bahasa Arab dari dunia Barat.
  • Metodologi pengajaran sekarang?, metodologi sekarang masih tetap berlanjut dengan munculnya berbagai pemikir bahasa Arab dari dunia barat.
  • Ilmuan barat dalam bidang metodologi pengajaran bahasa Arab, Rebecca Oxford, Douglas Brown dll
Fase-Fase Perkembangan Meteode Pengajaran Bahasa Arab
  • Fase 1 (Tahun 1880-1920), pengembangan ulang metode langsung, metode bunyi yang berakar pada tradisi Yunani.
  • Fase 2 (Tahun 1920-1940), dibentuk forum studi bahasa asing yang menghasilkan metode membaca
  • Fase 3 (Tahun 1940-1970), munculnya metode al jundiyah al amrikiyyah untuk kepentingan ekspansi perang, metode audiolingual, metode audiovisual
  • Fase 4 (Tahun 1970-1980), titik balik dan metode paling inovatif dalam pembelajaran bahasa kedua atau bahasa asing, hasilnya tahun 1980 muncul pendekkatan komunikatif dalam pengajaran bahasa
  • Fase 5 (.......?) mungkinkah ada inovasi pembelajara bahasa Arab?
Tujuan Pengajaran Bahasa Arab
  • Conny R. Setiawan: tujuan pengajaran bahasa Arab adalah mengajarkan kata-kata yang baru kepada peserta didik
  • Najib Taufiq: tujuan pengajaran bahasa Arab adalah mengajar agar seseorang dapat berkomuniakasi dengan baik dan benar, baik lisan maupun tulisan.
  • Kemenag: tujuan pengajaran bahasa Arab adalah memahami Al-Qur'an & Al Hadits, memahami buku-buku agama Islam, dapat berbicara dengan bahasa Arab, alat pembantu keahlian laim, membina ahli bahasa Arab alias profesional
Prinsip Pengajaran Bahasa Arab
  • Prinsip Prioritas: bahwa mendengar lebih dahulu daripada menulis, mengajarkan kalimat sebelum mengajarkan bahasa
  • Prinsip Korektifitas: korektifitas dalam hal suara melalui pendengaran dan ucapan, koreksitas dalam pengajaran sintaksis dan semiotik
  • Prinsip Berjenjang: jenjang pengajaran mufrodat, kemudian qawaid, dan makna
Langkah Aplikasi: 
  1. Memberi contoh sebelum memberi kaidah
  2. Memberi contoh yang bermacam-macam
  3. Mulailah memberi contoh dengan sesuatu yang berada di lingkup kelas
  4. Memberikan contoh tersebut dengan kata kerja langsung menggunakan gerakan tubuh
  5. Ketika mengajarkan kata sifat, ambillah kata yang paling sering digunakan
  6. Ketika mengajarkan huruf jar, gunakan huruf yang paling sering digunakan
  7. Jangan memberikan contoh yang membuat peserta didik meraba
  8. memberikan motivasi

Referensi:
  • Kammil Ramma Oensyar, Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (IAIN Antasari Press, 2015). 1-12
  • Abdul Wahab Rosyidi, Mamlu'atun Ni'mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011), 25-30

 

Posting Komentar

0 Komentar