Pengertian Metodologi Pengajaran Bahasa Arab
Menurut Tayyar Yusuf, Metodologi sama dengan kata "metodic" (metodentik) artinya suatau penyelidikan yang sistematis dan formulasi metode yang digunakan alam suatu penelitian. dengan kata lain, metodologi merupakan ilmu tentang metode mengenai macam-macam metode mengajar, keunggulan dan kelemahannya, bagaimana penerapannya, dan lain lain (Tayyar, 2009: 197)
Menurut Jhas Daniel, Metodologi pembelajaran atau pengajaran bahasa Arab adalah cara yang ditemuh dalam menyajikan bahan pelajaran bahasa Arab agar lebih mudah dipahami (Jhos Daniel, 1994: 63)
Kesimpulan:
Metodologi pengajaran atau pembelajaran bahasa Arab adalah cara yang ditempuh oleh pengajar/pembelajar ketika mengajar atau belajar agar materi yang disampaikan atau diterima dapat dipahami dengan mudah.
Sejarah Perkembangan Pengajaran Bahasa Arab
- Abad ke-1 H atau ke-7M
- Bahasa Arab di masa khalifah
- Tersebarnya Bahasa Arab
- Interaksi Bangsa Arab dan Eropa
- Peranan Bahasa Arab-Filsafat Yunani
- Dunia Arab Mulai Melek Ilmu Pengetahuan
- Napoleon Bonaparte ke Mesir 1798 M
- Pengajaran Bahasa Di Eropa
- Misionaris kristen Amerika menyerang Arab, mereka menggunakan bahasa Arab untuk melancarkan misinya.
- Pengaruh Misionaris,, karena bahasa Arab banyak digunakan, maka bahasa Arabpun semakin maju penggunaannya.
- Syiria dan Lebanon menjadi pusat bahasa, banyak buku dan kamus bahasa Arab diterbitkan di kedua negara ini
- Perkembangan bahasa Arab-Nasrani, bahasa Arab menjadi berkembang atas pengaruh misionaris yang kebanyakan beragama kristen
- Munculnya orang kristen Luis Ma'luf (Pembuat kamus munjid), salah satu orang kristen yang giat dalam perkembangan bahasa Arab adalah Louis Ma'luf dengan kamusnya Al, Munjid
- Hubungan Arab - Misionaris Amerika, hubungan ini berpengaruh pada perkembangan metodologi pengajaran bahasa Arab dari dunia Barat.
- Metodologi pengajaran sekarang?, metodologi sekarang masih tetap berlanjut dengan munculnya berbagai pemikir bahasa Arab dari dunia barat.
- Ilmuan barat dalam bidang metodologi pengajaran bahasa Arab, Rebecca Oxford, Douglas Brown dll
- Fase 1 (Tahun 1880-1920), pengembangan ulang metode langsung, metode bunyi yang berakar pada tradisi Yunani.
- Fase 2 (Tahun 1920-1940), dibentuk forum studi bahasa asing yang menghasilkan metode membaca
- Fase 3 (Tahun 1940-1970), munculnya metode al jundiyah al amrikiyyah untuk kepentingan ekspansi perang, metode audiolingual, metode audiovisual
- Fase 4 (Tahun 1970-1980), titik balik dan metode paling inovatif dalam pembelajaran bahasa kedua atau bahasa asing, hasilnya tahun 1980 muncul pendekkatan komunikatif dalam pengajaran bahasa
- Fase 5 (.......?) mungkinkah ada inovasi pembelajara bahasa Arab?
- Conny R. Setiawan: tujuan pengajaran bahasa Arab adalah mengajarkan kata-kata yang baru kepada peserta didik
- Najib Taufiq: tujuan pengajaran bahasa Arab adalah mengajar agar seseorang dapat berkomuniakasi dengan baik dan benar, baik lisan maupun tulisan.
- Kemenag: tujuan pengajaran bahasa Arab adalah memahami Al-Qur'an & Al Hadits, memahami buku-buku agama Islam, dapat berbicara dengan bahasa Arab, alat pembantu keahlian laim, membina ahli bahasa Arab alias profesional
- Prinsip Prioritas: bahwa mendengar lebih dahulu daripada menulis, mengajarkan kalimat sebelum mengajarkan bahasa
- Prinsip Korektifitas: korektifitas dalam hal suara melalui pendengaran dan ucapan, koreksitas dalam pengajaran sintaksis dan semiotik
- Prinsip Berjenjang: jenjang pengajaran mufrodat, kemudian qawaid, dan makna
- Memberi contoh sebelum memberi kaidah
- Memberi contoh yang bermacam-macam
- Mulailah memberi contoh dengan sesuatu yang berada di lingkup kelas
- Memberikan contoh tersebut dengan kata kerja langsung menggunakan gerakan tubuh
- Ketika mengajarkan kata sifat, ambillah kata yang paling sering digunakan
- Ketika mengajarkan huruf jar, gunakan huruf yang paling sering digunakan
- Jangan memberikan contoh yang membuat peserta didik meraba
- memberikan motivasi
- Kammil Ramma Oensyar, Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (IAIN Antasari Press, 2015). 1-12
- Abdul Wahab Rosyidi, Mamlu'atun Ni'mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press, 2011), 25-30
0 Komentar