نص مهارة الاستماع
(الأمانة)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:
·
Sub-CPMK 6: Mampu mengulangi dan menggunakan kembali
kalimat dari audio/visual yang didengar (P1, P5)
Indikator Capaian:
·
Mahasiswa mampu mengulangi
kalimat dari audio visual yang didengar
·
Mahasiswa mampu menggunakan
kembali kalimat dari audio visual yang didengar
Metode dan Penugasan Pembelajaran:
- ·
Kuliah
- · Group Discussion
- · Project Based Learning
Materi Pembelajaran:
مصدر الفيديو: إضغط هنا
المواد
التعليمية
أ.
المفردات:
ساعة |
Jam
tangan |
وافق
– يوافق |
Menyetujui |
ثمينة |
Mahal |
أعار
– يعير |
Meminjamkan |
محاولة |
Usaha |
أقنع
– يقنع |
Meyakinkan |
واثق |
Percaya |
حافظ
– يحافظ |
Menjaga |
مصيبة |
Musibah
|
إختفى
– يختفى |
Hilang |
اتسغال |
Kesibukan
|
سرق
– يسرق |
Mencuri |
لا تتعجل |
Jangan
tergesa |
فقد
– يفقد |
Kehilangan |
البقاء |
Menetap |
بلغ – يبلغ |
Menyampaikan |
حصة
الرياضة |
Jam olahraga |
انتهي
– ينتهي |
Selesai |
الموصفاتف |
Ciri-ciri |
فتش
– يفتش |
Memeriksa |
الاعتذار |
Maaf |
اتهم
– يتهم |
Menuduh |
فضية اللون |
Warna perak |
كرم
– يكرم |
Memuliakan |
ب.
بيان الفيديو :
حدثت المحادثة عندما يعير أبو بدر ساعة
اليد إياه وحملها إلى المددرسة. ثم غابت عنه تلك الساعة عندما يلعبون كرة القدم فى
حصة الرياضة حتى أبلغ عنه بدر إلى إدارة المدرسة. فوجد بدر ساعة اليد وهذا من حسن
عمل عامل النظافة الذي وجد الساعة ويعطيه إلى الأستاذ للبحث عن صاحب تلك ساعة
اليد. وهذا مثال للأمانة.
ج.
نص المحادثة
:
الطالب 1 |
: |
أوههه......إنها حقا ساعة ثمينة. |
الطالب 2 |
: |
لقد وافق أبي أن يعيرني إياها بعد محاولة كثيرة لإقناعه |
الطالب 3 |
: |
أههه... همممم جميلة. يجب أن تحافظ عليها، فهي الآن أمانة فى يدك. وأنا واثق بأنك ستحافظ عليها بإذن الله |
الطالب 2 |
: |
بالتأكيد سوف أحافظ عليها. |
|
: |
فلما يلعب الطلاب كرة القدم، وجد عامل النظافة ساعة اليد، فأخذها ثم
حملها. وفى أثناء الراحة من اللعب قالت الطالب 2 |
الطالب 2 |
: |
يا إلهي مصيبة |
الطالب 3 |
: |
ماذا حدث؟ |
الطالب 2 |
: |
إختفت الساعة. يا إلهي أين الساعة؟ |
الطالب 1 |
: |
ونحن نلعب، شاهدت عامل النظافة راضي هو حول الملعب بشكل غريب. أعتقد أنه
ينتظر انشغالنا ليسرق الساعة. |
الطالب 2 |
: |
إن كان هو من فعلها فسوف يكون حسابه أسيرا. سأذهب لإبلغ عنه الإدارة |
الطالب 3 |
: |
إنتظر يا بدر لا تتعجل فى حكمك. أبلغهم فقط أنك فقدت ساعتك |
الأستاذ |
: |
هيا يا أبنائي. لقد إنتهي اليوم الدراسي. أم أنكم تريدون البقاء فى
المدرسة حتى الغد |
الطالب 3 |
: |
لقد فقد بدر ساعة والده أُثناء حصة الرياضة |
|
: |
وفى ذلك الوقت جاء عامل النظافة بينهم |
الطالب 2 |
: |
هذا هذا هو العامل الذي قام بسرقتها. أستاذ، قم بتفتيشه |
الأستاذ |
: |
ما هي مواصفة الساعة يا بدر؟ |
الطالب 2 |
: |
إنها فضية اللون وبها عقارب ذهبية |
الأستاذ |
: |
هذه هي إذا |
الطالب 2 |
: |
نعم، نعم إنها هي |
الأستاذ |
: |
لقد وجدها راضي على الأرض، وجاء لي فورا لأبحث عن صاحبها ضاربا أروع
الأمثلة بالأمانة |
الطالب 3 |
: |
هههههه. هذا ما توقعت. لأجل ذلك قلت لك لا تتعجل يا بدر فى حكمك على الآخرين |
الأستاذ |
: |
حسنا يا بدر. أعتقد أنك تعرف جيدا ما يجب عليك أن تفعله الآن. |
الطالب 2 |
: |
شكر لك على أمانتك. وأعتذر لك عن سوء ظني بك |
الأستاذ |
: |
أحسنت يا فواز. كما عهدتك دائما |
الطالب 1 |
: |
وأنا أيضا أريد الإعتذار لأنني من اتهمتك فى البداية |
الأستاذ |
: |
وستكرم إدارة المدرسة راضي غذا على حسن عمله وأمانته |
د. مضمون الفيديو فى
اللغة الإندونيسية
:
Pada suatu hari, badr sedang memperlihatkan jam tangan yang
dipinjamkan oleh ayahnya di sekolah. Melihatnya pun, fawaz dan satu teman yang
lainya terkagum-kagum dengan jam badr yang terlihat sangat mewah.
Pada saat mata pelajaran olahraga, petugas kebersihan
tiba-tiba menemukan jam tangan badr di atas tanah. Ia pun mengambil dan membawa
jam tangan tersebut. Badr yang pada saat itu belum sadar, tiba tiba merasa
kehilangan jam tangannya. Di saat itu, teman badr berkata bahwa ia melihat
petugas kebersihan terlihat gerak gerik yang mencurigakan, iapun menyangka
bahwa petugas kebersihan tersebut menunggu kelengahan badr dan temannya untuk
kemudian mencuri jam tangan badr. Mendengar hal tersebut. Badr langsung
bergegas untuk menyampaikannya kepada kantor. Namun, fawwaz menasehati badr
untuk tidak tergesa-gesa dalam menghukumi seseorang dan cukup untuk hanya
mengatakan bahwa ia kehilangan jam tanagn. Di saat itu pula, tiba-tiba sang
ustadz datang dan memberitahukan badr beserta teman-temannya bahwa pelajaran
telah selesai. Kemudian, fawwaz menyampaikan bahwa badr telah kehilangan jam
tangan ayahnya.
Selang beberapa saat, petugas kebersihan mendatangi mereka
dan badr langsung menuduh bahwa petugas tersebutlah yang mencuri jam tangan
ayahnya. Akan tetapi, sang ustadz langsung bertanya ciri-ciri jam tangan yang
hilang, kemudian badr menjelaskan ciri-ciri jam tangannya. Seketika sang ustadz
mengeluarkan jam tangan badr dari dalam kantong saku. Melihat itupun badr
langsung membenarnkan bahwa jam tangan tersebut memang benar miliknya. Dan di
saat itu, sang ustadz menjelaskan bahwa saat petugas kebersihan menemukan jam
tangan, ia langsung mendatangi kantor untuk mencari pemilik dari jam tangan
yang telah ia temukan. Mendengar penjelasan sang ustadz, badr dan temannya
meminta maaf kepada petugas kebersihan karena telah menuduhnya. Kemudian sang
ustadz memberikan sebuah nasihat bahwa apa yang dilakukan petugas kebersihan
merupakan salah satu contoh sifat amanah. Dan karena hal tersebut, sang petugas
kebersihan akan mendapatkan pengharagaan atas apa yang telah ia lakukan berupa
melakukan sifat amanah.
0 Komentar