Advertisement

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Naskah Maharah Istima: Amanah

نص مهارة الاستماع

(الأمانة)

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

·       Sub-CPMK 6: Mampu mengulangi dan menggunakan kembali kalimat dari audio/visual yang didengar (P1, P5)

Indikator Capaian:

·       Mahasiswa mampu mengulangi kalimat dari audio visual yang didengar

·       Mahasiswa mampu menggunakan kembali kalimat dari audio visual yang didengar

Metode dan Penugasan Pembelajaran:

  • ·       Kuliah
  • ·       Group Discussion
  • ·       Project Based Learning

Materi Pembelajaran:

مصدر  الفيديو: إضغط هنا


 

المواد التعليمية

 

‌أ.       المفردات:

ساعة

Jam tangan

وافق – يوافق

Menyetujui

ثمينة

Mahal

أعار – يعير

Meminjamkan

محاولة

Usaha

أقنع – يقنع

Meyakinkan

واثق

Percaya

حافظ – يحافظ

Menjaga

مصيبة

Musibah

إختفى – يختفى

Hilang

اتسغال

Kesibukan

سرق – يسرق

Mencuri

لا تتعجل

Jangan tergesa

فقد – يفقد

Kehilangan

البقاء

Menetap

بلغ – يبلغ

Menyampaikan

حصة الرياضة

Jam olahraga

انتهي – ينتهي

Selesai

الموصفاتف

Ciri-ciri

فتش – يفتش

Memeriksa

الاعتذار

Maaf

اتهم – يتهم

Menuduh

فضية اللون

Warna perak

كرم – يكرم

Memuliakan

 

‌ب.   بيان الفيديو :

حدثت المحادثة عندما يعير أبو بدر ساعة اليد إياه وحملها إلى المددرسة. ثم غابت عنه تلك الساعة عندما يلعبون كرة القدم فى حصة الرياضة حتى أبلغ عنه بدر إلى إدارة المدرسة. فوجد بدر ساعة اليد وهذا من حسن عمل عامل النظافة الذي وجد الساعة ويعطيه إلى الأستاذ للبحث عن صاحب تلك ساعة اليد. وهذا مثال للأمانة.

‌ج.    نص المحادثة :

الطالب 1

:

أوههه......إنها حقا ساعة ثمينة.

الطالب 2

:

لقد وافق أبي أن يعيرني إياها بعد محاولة كثيرة لإقناعه

الطالب 3

:

أههه... همممم جميلة. يجب أن تحافظ عليها، فهي الآن أمانة فى يدك.

وأنا واثق بأنك ستحافظ عليها بإذن الله

الطالب 2

:

بالتأكيد سوف أحافظ عليها.

 

:

فلما يلعب الطلاب كرة القدم، وجد عامل النظافة ساعة اليد، فأخذها ثم حملها.

وفى أثناء الراحة من اللعب قالت الطالب 2

الطالب 2

:

يا إلهي مصيبة

الطالب 3

:

ماذا حدث؟

الطالب 2

:

إختفت الساعة. يا إلهي أين الساعة؟

الطالب 1

:

ونحن نلعب، شاهدت عامل النظافة راضي هو حول الملعب بشكل غريب. أعتقد أنه ينتظر انشغالنا ليسرق الساعة.

الطالب 2

:

إن كان هو من فعلها فسوف يكون حسابه أسيرا. سأذهب لإبلغ عنه  الإدارة

الطالب 3

:

إنتظر يا بدر لا تتعجل فى حكمك. أبلغهم فقط أنك فقدت ساعتك

الأستاذ

:

هيا يا أبنائي. لقد إنتهي اليوم الدراسي. أم أنكم تريدون البقاء فى المدرسة حتى الغد

الطالب 3

:

لقد فقد بدر ساعة والده أُثناء حصة الرياضة

 

:

وفى ذلك الوقت جاء عامل النظافة بينهم

الطالب 2

:

هذا هذا هو العامل الذي قام بسرقتها.

أستاذ، قم بتفتيشه

الأستاذ

:

ما هي مواصفة الساعة يا بدر؟

الطالب 2

:

إنها فضية اللون وبها عقارب ذهبية

الأستاذ

:

هذه هي إذا

الطالب 2

:

نعم، نعم إنها هي

الأستاذ

:

لقد وجدها راضي على الأرض، وجاء لي فورا لأبحث عن صاحبها ضاربا أروع الأمثلة بالأمانة

الطالب 3

:

هههههه. هذا ما توقعت.

لأجل ذلك قلت لك لا تتعجل يا بدر فى حكمك على الآخرين

الأستاذ

:

حسنا يا بدر. أعتقد أنك تعرف جيدا ما يجب عليك أن تفعله الآن.

الطالب 2

:

شكر لك على أمانتك. وأعتذر لك عن سوء ظني بك

الأستاذ

:

أحسنت يا فواز. كما عهدتك دائما

الطالب 1

:

وأنا أيضا أريد الإعتذار لأنني من اتهمتك فى البداية

الأستاذ

:

وستكرم إدارة المدرسة راضي غذا على حسن عمله وأمانته

 

‌د.     مضمون الفيديو فى اللغة الإندونيسية :

 

Pada suatu hari, badr sedang memperlihatkan jam tangan yang dipinjamkan oleh ayahnya di sekolah. Melihatnya pun, fawaz dan satu teman yang lainya terkagum-kagum dengan jam badr yang terlihat sangat mewah.

Pada saat mata pelajaran olahraga, petugas kebersihan tiba-tiba menemukan jam tangan badr di atas tanah. Ia pun mengambil dan membawa jam tangan tersebut. Badr yang pada saat itu belum sadar, tiba tiba merasa kehilangan jam tangannya. Di saat itu, teman badr berkata bahwa ia melihat petugas kebersihan terlihat gerak gerik yang mencurigakan, iapun menyangka bahwa petugas kebersihan tersebut menunggu kelengahan badr dan temannya untuk kemudian mencuri jam tangan badr. Mendengar hal tersebut. Badr langsung bergegas untuk menyampaikannya kepada kantor. Namun, fawwaz menasehati badr untuk tidak tergesa-gesa dalam menghukumi seseorang dan cukup untuk hanya mengatakan bahwa ia kehilangan jam tanagn. Di saat itu pula, tiba-tiba sang ustadz datang dan memberitahukan badr beserta teman-temannya bahwa pelajaran telah selesai. Kemudian, fawwaz menyampaikan bahwa badr telah kehilangan jam tangan ayahnya.

Selang beberapa saat, petugas kebersihan mendatangi mereka dan badr langsung menuduh bahwa petugas tersebutlah yang mencuri jam tangan ayahnya. Akan tetapi, sang ustadz langsung bertanya ciri-ciri jam tangan yang hilang, kemudian badr menjelaskan ciri-ciri jam tangannya. Seketika sang ustadz mengeluarkan jam tangan badr dari dalam kantong saku. Melihat itupun badr langsung membenarnkan bahwa jam tangan tersebut memang benar miliknya. Dan di saat itu, sang ustadz menjelaskan bahwa saat petugas kebersihan menemukan jam tangan, ia langsung mendatangi kantor untuk mencari pemilik dari jam tangan yang telah ia temukan. Mendengar penjelasan sang ustadz, badr dan temannya meminta maaf kepada petugas kebersihan karena telah menuduhnya. Kemudian sang ustadz memberikan sebuah nasihat bahwa apa yang dilakukan petugas kebersihan merupakan salah satu contoh sifat amanah. Dan karena hal tersebut, sang petugas kebersihan akan mendapatkan pengharagaan atas apa yang telah ia lakukan berupa melakukan sifat amanah.


Posting Komentar

0 Komentar