Advertisement

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Statistik: Pengertian, Penggolongan, Fungsi, dan Ciri Khas Statistik


Pengertian Statistik

Statistik adalah kumpulan fakta yang berbentuk angka dan disusun dalam tael atau daftar yang menggambarkan suatu persoalan

Pada data di atas dapat dinarasikan sebagai diagram pemerolehan nilai mata kuliah semester 1 dengan rincian: nahwu mendapat nilai 70, sharaf mendapat nilai 75, dan balaghah mendapat nilai 75 dengan masing-masing memiliki derajat kedudukannya dalam suatu diagram.

Penggolongan Statistik

  • Statistik Deskriptif (Deduktif)
yaitu statistik yang menggambarkan suatu kegiatan pengumpulan data, penyusunan data, pengolahan data, dam penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, grafik agar memberikan gambar yang teratur, ringkas, dan jelas mengenai suatu keadaan.

Statistik deskriptif ini terdiri dari: Distribusi frekuensi (penyusunan data dmulai dari nilai terkecil sampai nilai terbesar dan disajikan dalam bentuk diagram atau tabel), ukuran pemusatan (mean, median, modus), ukuran penyebaran (rentangan, simpangan rata-rata, varians, dan simpangan baku. Statistik Deskripstif disebut sebagai statistik deduktif oleh karena data yang di sajikan dimulai dari hal-hal yang paling umum sebelum akhirnya dijelaskan secara terperinci.

  • Statistik Inferensial (Induktif)
yaitu statistik yang berhubungan dengan penarikan kesimpulan yang bersifat umum dari data yang telah disusun dan diolah.

Statistik inferensial terdiri dari: menafsirkan karakteristik populasi dengan menggunakan data yang diperoleh dari sampel, membuat prediksi tentang masalah untuk masa yang akan datang, menentukan ada tidaknya hubungan antar karakteristik, menguji hipotesis, dan membuat kesimpulan.

Dinamakan sebagai statistik inferensial oleh karena data yang disajikan berasal dari data-data terperinci sebelum akhirnya diambil kesimpulan, contoh: ingin meneliti korelasai antara metode langsung dan metode audiovisual dalam pembelajaran, maka langkah yang ditempuh adalah dari mulai mencari data terkait penilaian dari masing-masing pembelajaran yang menggunakan kedua metode tersebut, kemudian diolah, dan hasil akhirnya adalah membuat kesimpulan darai korelasi tersebut (apakah ada korelasi atau tidak ada korelasi)

Fungsi Statistik

diantara salah satu fungsi statistik adalah:

  • menggambarkan data dalam bentuk tertentu
  • menyederhanakan data kompleks menjadi lebh simpel dan sederhana
  • teknik untuk membuat perbandingan
  • memperluas pengalaman individu
  • statistik dapat diukur dari besarnya suatu gejala
  • dapat menentukan sebab akibat

Ciri Khas Statistik

Beberapa ciri statistik yang dapat kita ketahui adalah:

  • Statistik bekerja dengan angka
  • statistik bersifat objektif alias real 
  • statistik bersifat universal
Populasi dan Sampel

Populasi, adalah:

  • Keseluruhan objek penelitian
  • Keseluruhan objek yang jelas dan lengkap

Contoh:

  • Semua mahasiswa PBA UNHASY tahun 2022

Sampel, adalah:

  • Bagian dari populasi tertentu yang menjadi objek perhatian

Contoh:

  • 20 mahasiswa dari 30 mahasiswaPBA UNHAS
Teknik Pengambilan Smpel

  • Teknik random : anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel (objektif)

Random-Undian: memberi nomor pada setiap anggota populasi, kemudian diundi

Random-Ordinal: memberi nomor kepada anggota populasi, kemudian mengambil populasi dengan nomor ganjil/genap

  • Non-random : anggota populasi tidak memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel, sifatnya lebih subjektif
  • Strata : mengambil populasi yang berkelompok, misal: jumlah santri 30.000. terdiri dari : 15.000 santri MI, 10,000 santri MTs, 5,000 santri MA.  Padahal sampel yang dibutuhkan hanya 600 santri dilakukan perbandingan: 600/30.000 = 1/50, MAKA caranya: MI = 1/50 x 15.000 = 300 santri, MTs = 1/50 x 10.000 = 200 santri, MA = 1/50 x 5.000 = 100 santri
  • Quota : mengambil quota mahasiswa untuk menjadi sampel dengan proporsi, semester 1 – 20%, semester 2 – 30%, dst.
  • Sistematik : hampir sama dengan sistem random, misal setiap populasi diberi nomor 001, 002 – 600. kemudian bagilah individu menjadi 60 kelompok (1 kelompok ada 10 orang), kemudian populasi pertama pertama berisi individu nomor 001 – 010, populasi kedua berisi individu nomor 011 – 020, dst. Kemudian dari subpopulasi tersebut diambil 1 individu secara random, sehingga terkumpul 60 orang.
Referensi:

Subana, dkk, Statistik Pendidikan, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2019), 11-14

Selengkapnya dapat dilihat dalam PPT di bawah ini


Posting Komentar

0 Komentar