Advertisement

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Metode Al Qawaid wa At Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab


Pengertian Metode Al Qawaid wa At Tarjamah 

Metode Al Qawaid wa At Tarjamah merupakan salah satu metode dalam pembelajaran bahasa yang lebih menekankan aspek kaidah bahasa dan terjemahan dalam pengajarannya. Sehingga dalam pembelajaran bahasa Arab metode ini lebih menekankan pada sistem bacaan dan tulisan, daripada sistem kalam (pembicaraan).

Kendati demikian, metode ini juga memungkinkan untuk dapat dipraktekkan dalam keterampilan mendengar dan keterampilan berbicara dengan memperhatikan performansi peserta didik dalam hal kaidah kalimat yang diucapkan.

Sejarah Metode Al Qawaid Wa At Tarjamah

  • Abad ke 15
Pada abad ini merupakan cikal bakal berkembangnya metode Al Qawaid wa At Tarjamah di Eropa ketika banyak universitas-universitas mengharuskan adanya pembelajaran bahasa Asing yang secara otomatis membutuhkan alih bahasa atau penerjemahan dari bahasa Asing ke dalam Bahasa Ibu ataupun sebaliknya
  • Abad ke 18-19
Pada awal abad ke 18 - 19 metode Al Qawaid wa At Tarjamah semakin populer dan digunakan secara masif di benua Eropa bahkan dikatakan sudah sampai merambah ke Indonesia pada abad ke 19
  • Abad 19 akhir
Pada akhir abad ke-19, metode Al Qawaid wa At Tarjamah sudah secara luas dikenal dalam pengajaran bahasa Asing di Indonesia
  • Karya Monumental

Salah satu karya yang paling terkenal mengenai pengajaran bahasa dengan metode ini adalah milik Meidinger yang berjudul “Praktische Franzoische Grammatik".

  • Tahun 1940
Pada tahun 1940, Metode Al Qawaid wa At Tarjamah sudah mendominasi dalam pengajaran bahasa Asing di Eropa
  • Sekarang?
Di era sekarang, metode ini juga tidak luput dari peranannya dalam pembelajaran bahasa Asing di Indonesia apalagi jika menengok di dunia pesantren yang mengaji bahasa Arab alias kitab-kitab klasik ulama dengan cara menggunakan huruf pegon serta didukung dengan adanya rumus nahwu seperti utawi, iki-iku, dan lain sebagainya.

Praktik Metode Al Qawaid wa At Tarjamah

Diantara langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Asing adalah sebagai berikut:

  • Guru memberikan sebuah bacaan berbahasa Arab
  • Siswa diperintahkan untuk membaca bacaan tersebut dengan suara lantang
  • Guru memberikan teori kaidah bahasa Arab yang menjadi topik pembahasannya, semisal : al jumlah al ismiyyah
  • Guru memberikan contoh-contoh yang sesuai dengan kaidah yang diberikan
  • Siswa mencoba mencari kalimat yang sama persis dengan kaidah bahasa yang diberikan guru
  • Siswa diminta untuk menerjemahkan kalimat dari jumlah ismiyyah tersebut
  • valuasi baik berupa penugasan ataupun hal lain
Kelebihan dan Kekurangan Metode Al Qawaid wa At Tarjamah

Kelebihan

Diantara kelebihan yang dimiliki metode ini antara lain:

  • Pelajar atau siswa dapat menguasai atau hafal kaidah bahasa
  • Siswa memahami detail bahan bacaan yang dipelajarinya beserta terjemahannya
  • Dapat membandingkan karakteristik bahasa ibu dengan bahasa sasaran
  • Meningkatkan kemampuan menghafal dan mengingat
  • Bisa dilakukan dan diprkatikan dalam skala kelas besar
  • Siswa mengetahui pengetahuan tentang kaidah dan terjemah bahasa secara utuh
  • Minimal siswa menguasai bahasa pasif

Kekurangan

Diantara Kekurangan yang dimiliki metode ini antara lain:

  • Metode ini hanya mengajarkan tentang bahasa (karena berkaitan dengan kaidahnya) bukan kemahiran bahasa (seperti bercakap)
  • Metode ini hanya fokus pada keterampilan membaca dan menulis
  • Terjemah harfiah sering membuat rancu kalimat dalam konteks luas
  • Siswa hanya mempelajari sattu ragam bahasa
  • Kosa kata, struktur dan ungkapan yang dipelajari bisa jadi tidak terpakai dalam bahasa modern
  • Siswa akan kaku dan hanya berpedoman pada kaidah bahasa dan tidak ada kesempatan ekspresi dan kreasi bahasa

Referensi:

  • Kamil Ramma Oensyar, Ahmad Hifni, Pengantar Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Kalimantan: IAIN Antasari Press, 2015), Hlm. 65-72
  • Abdul Wahab Rosyidi, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN Maliki Press, 2011), Hlm. 49

Selengkapnya dapat didownload file di bawah ini:

Posting Komentar

0 Komentar