Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum PBA
Menurut Nana Syaodih
(2019: 150-155) prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum dibedakan kedalam
dua kelompok, yaitu:
- Prinsip umum
- Prinsip khusus
Prinsip Umum
- Relevansi
- Fleksibilitas
- Kontinuitas
- Efesien / praktis
- Efektifitas
Prinsip Khusus
- Tujuan pendidikan
- Pemilihan materi ajar
- Pemilihan metode
- Pemilihan media
- Pemilihan penilaian /evaluasi
Prinsip Umum Pengembangan
Kurikulum PBA
- Prinsip Relevansi : Kurikulum dibangun sesuai relevansinya terhadap lingkungan peserta
didik, kehidupan sekarang dan masa depan, serta relevansi terhadap IPTEK
- Prinsip Fleksibilitas
: Kurikulum dapat di laksanakan sesuai dengan
situasi dan kondisi kehidupan peserta didik, guru memiliki otoritas untuk
mengembangkan program pengajaran.
- Prinsip Kontinuitas : Kurikulum harus berkesinambungan sesuai dengan tingkat atau jenjang
pendidikan. Harus memiliki keterkaitan antara sebelum dan sesudah.
- Prinsip Praktis /
Efisien : Kurikulum dapat dilakukan dan
diimplementasikan dengan sederhana dan mudah.
- Prinsip Efektifitas : Kurikulum dibangun untuk menjadikan kualitas dan kuantitas pendidikan semakin baik.
Prinsip Umum Pengembangan
Kurikulum PBA
- Prinsip berkenaan dengan tujuan pendidikan : Bagaimana kirukulum dikembangakan sesuai dengan tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang.
- Prinsip berkenaan dengan isi pendidikan : Kurikulum dikembangkan dengan melihat penjabaran dari tujuan pendidikan ke dalam perbuatan belajat, isi materi berkenaan dengan sikap, pengetahuan, dan aspek.
- Prinsip berkenaan dengan pemilihan proses kbm : Bagaimana pengembangan kurikulum dilakukan dengan mempertimbangkan media yang akan digunakan. Apakah metode cocok?, apakah metode mudah diaplikasikan?, dan lain-lain.
- Prinsip berkenaan dengan pemilihan media : Pengembangan kurikulum harus melihat media yang akan digunakan,apakah media tersedia? Kapan dibuat? Berpa lama untuk membuat media? Dan lain-lain.
- Prinsip berkenaan dengan penilaian atau evaluasi : Bagaimana kurikulum dibangun dengan melihat penilaian yang akan digunakan, jenis penilaiannya apa?, instrument penilaian? Bentuk penilaian? Dan lain-lain.
- Baderiah, 2018. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum,(Palopo: penerbit IAIN Palopo).
- R. Masykur. 2019. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum, (Lampung: CV. Anugerah Utama Raharja)
0 Komentar