Advertisement

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Prinsip - Prinsip Pengembangan Kurikulum PBA


Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum PBA

Menurut Nana Syaodih (2019: 150-155) prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum dibedakan kedalam dua kelompok, yaitu:

  • Prinsip umum
  • Prinsip khusus

Prinsip Umum

  • Relevansi
  • Fleksibilitas
  • Kontinuitas
  • Efesien / praktis
  • Efektifitas

Prinsip Khusus 

  • Tujuan pendidikan
  • Pemilihan materi ajar
  •  Pemilihan metode
  • Pemilihan media
  • Pemilihan penilaian /evaluasi

Prinsip Umum Pengembangan Kurikulum PBA

  1. Prinsip Relevansi : Kurikulum dibangun sesuai relevansinya terhadap lingkungan peserta didik, kehidupan sekarang dan masa depan, serta relevansi terhadap IPTEK
  2. Prinsip Fleksibilitas : Kurikulum dapat di laksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi kehidupan peserta didik, guru memiliki otoritas untuk mengembangkan program pengajaran.
  3. Prinsip Kontinuitas : Kurikulum harus berkesinambungan sesuai dengan tingkat atau jenjang pendidikan. Harus memiliki keterkaitan antara sebelum dan sesudah.
  4. Prinsip Praktis / Efisien : Kurikulum dapat dilakukan dan diimplementasikan dengan sederhana dan mudah.
  5. Prinsip Efektifitas : Kurikulum dibangun untuk menjadikan kualitas dan kuantitas pendidikan semakin baik.

Prinsip Umum Pengembangan Kurikulum PBA

  1. Prinsip berkenaan dengan tujuan pendidikan : Bagaimana kirukulum dikembangakan sesuai dengan tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang.
  2. Prinsip berkenaan dengan isi pendidikan : Kurikulum dikembangkan dengan melihat penjabaran dari tujuan pendidikan ke dalam perbuatan belajat, isi materi berkenaan dengan sikap, pengetahuan, dan aspek.
  3. Prinsip berkenaan dengan pemilihan proses kbm : Bagaimana pengembangan kurikulum  dilakukan dengan mempertimbangkan media yang akan digunakan. Apakah metode cocok?, apakah metode mudah diaplikasikan?, dan lain-lain.
  4. Prinsip berkenaan dengan pemilihan media : Pengembangan kurikulum harus melihat media yang akan digunakan,apakah media tersedia? Kapan dibuat? Berpa lama untuk membuat media? Dan lain-lain.
  5. Prinsip berkenaan dengan penilaian atau evaluasi : Bagaimana kurikulum dibangun dengan melihat penilaian yang akan digunakan, jenis penilaiannya apa?, instrument penilaian? Bentuk penilaian? Dan lain-lain.
Referensi:

  • Baderiah, 2018. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum,(Palopo: penerbit IAIN Palopo).
  • R. Masykur. 2019. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum, (Lampung: CV. Anugerah Utama Raharja)

Posting Komentar

0 Komentar